Faceboker 'Alkoholik' Banyak Kawan


Ilustrasi. (Foto : Istimewa)
CALIFORNIA (KRjogja.com) - Penelitian yang akan diterbitkan di American Journal of Men Health mengkombinasikan profil publik dari 225 pria drop out di satu universitas yang memposting hal-hal yang terkait dengan alkohol. Ditemukan bahwa 85,53 persen dari banyak profil berisi setidaknya satu acuan untuk alkohol.
Fakta yang ditemukan adalah pria yang berusia lebih dari 21 tahun melakukan aktivitas Facebook mengacu ke alkohol 4,5 kali lebih banyak dari usia di bawah mereka. Dan jumlah aktivitas tersebut berhungan dengan jumlah teman Facebook mereka.
Penelitian mengenai para pelajar melakukan aktivitas Facebook terkait dengan alkohol sangat menarik bagi pihak yang ingin menghentikan penyalahgunaan alkohol. Beberapa pihak juga menyebutkan bahwa media sosial di internet memberikan pengaruh kuat pada aktivitas terkait dengan alkohol.
"Karena alkohol adalah penanda untuk masuk ke lingkungan sosial tertentu di masa kuliah, maka hipotesis kami menyebutkan bahwa jelas ada hubungan antara dunia jejaring sosial dengan alkohol," ujar Katie Egan, yang melakukan penelitian serupa di University of Winconsin pada tahun 2009. (Okz/Van)